Selasa, 19 Juli 2011

Membuat Animasi Wallpapers/Background Bergerak di Windows 7

Membuat Animasi Wallpapers/Background Bergerak di Windows 7 ImageBeberapa hari yang lalu, ada yang bertanya pada saya “Bagaimana cara membuat wallpaper/background bergerak pada Windows 7?”. Langsung saja saya menjawab “Windows 7 tidak menyediakan fasilitas yang memungkinkan user untuk membuat animasi wallpapers pada desktop. Jadi user tidak bisa menambahkan animasi gerak pada layar komputer/notebook dengan OS Windows 7″.
Ternyata jawaban tersebut salah karena sekarang saya sendiri bisa menambahkan animasi pada desktop. Waktu itu saya sendiri pernah sekalipun mendengar wallpaper yang bergerak. Oleh karena itu, tanpa berfikir panjang saya membuat jawaban seperti yang saja jabarkan di atas.
Jika anda penasaran bagaimana menjadikan backgroun pada layar bergerak, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Download Dream Scene Activator (Link download ada di akhir artikel).
  • Ekstrak file yang sudah anda download tadi menggunakan WinZip, WinRar atau 7Zip.
  • Copy file Windows 7 DreamScene Activator.exe ke desktop.
  • Klik kanan file tersebut dan pilih Run as administrator.
    Membuat Animasi Wallpapers/Background Bergerak di Windows 7 Image
  • Aktifkan DreamScene dengan klik tombol Enable Dream Scene.
    Membuat Animasi Wallpapers/Background Bergerak di Windows 7 Image
  • Cari file video dengan format MPEG atau WMV untuk dijadikan sebagai background. Jika tidak punya, anda bisa download contoh file animasi khusus wallpapers (Link downlload ada di bagian akhir artikel).
  • Klik kanan file video tersebut dan pilih Set as Desktop Background.
    Membuat Animasi Wallpapers/Background Bergerak di Windows 7 Image
  • Selesai.
Sekarang, coba lihat pada desktop, ada wallpaper yang bisa bergerak. Anda seperti melihat video animasi yang dimainkan melalui media player.
FAQ
Q) Apakah tips ini bisa digunakan pada Windows 7 Starter?
A) Saya belum pernah mencobanya, tetapi secara teori trik ini belum bisa diaplikasikan pada Windows Starter karena memang dari sananya minim fitur.
Q) Aplikasi sudah saya download, tetapi kenapa tidak bisa dijalankan?
A) Coba gunakan account Administrator untuk mengaktifkan DreamScene.
Q) Saya sudah menggunakan vvideo lain tetapi kenapa wallpaper saya tidak bergerak?
A) Kemungkinan frame atau kapasitas dari video anda terlalu besar sehingga tidak bisa diaplikasikan pada trik ini.
Q) Dapatkah saya menggunakan trik ini pada Windows 7 64 bit?
A) Bisa tapi penangannya berbeda dengan yang 32 bit. Saya akan coba membuatkan artikel lagi khusus membahas trik ini pada Windows 7 64 bit.
Q) Video apa saja yang disupport oled DreamScene?
A) Seperti telah dijelaskan sebelumnya, format video yang disupport adalah MPG dan WMV.
Q) Setelah menggunakan trik ini kenapa icon pada layar menjadi bergetar?
A) Kemungkinan hal tersebut dikarenakan kapasitas VGA anda kecil, lebih-lebih untuk notebook yang menggunakan integrated VGA. Untuk mengatasi hal itu, cari VGA baru atau beli perangkat komputer atau notebook baru.
Link download:

Selamat mencoba… semoga bermanfaat

Cara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 ImageCara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 ImageCara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 ImageCara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 ImageCara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 ImageCara Praktis Update Driver Komputer Pada Windows 7 Image

0 komentar:

Posting Komentar